Selamat Datang di Blog > Dunia Smile

Daftar Isi

Jumat, 07 Oktober 2011

terbesar dan terkecil di dunia ada di Indonesia

Sebagai negara kepulauan yang terletak di daerah tropis, Indonesia memiliki banyak sekali ragam fauna. Diantara jutaan jenis fauna tersebut, ada dua hewan yang istimewa karena termasuk jenis terbesar dan terkecil di dunia.

Komodo

Komodo adalah jenis kadal terbesar di dunia. Pnjang komodo bsa mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai lebih dari 100 kilogram! Ekornya sendiri memiliki ukuran yang sama dengan bagian tubuh. Komodo bisa hidup hingga kurang lebih 30 tahun. Hewan ini berasal dari Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur dan termasuk dalam daftar hewan harus dilindungi. Karena merupakan hewan pemakan daging yang ganas, komodo dianggap berbahaya bagi manusia. Dalam air liur komodo terdapat berbagai macam bakteri yang mengancam keselamatan jiwa. Pemciuman komodo sangat tajam sehingga ia mampu mendeteksi keberadaan bangkai hewan lain dari jarak yang cukup jauh. Walaupun bertubuh besar dan berat, binatang ini ternyata cepta lho Bu larinya. Ia juga bisa berenang dengan baik.

Tarsier

Setelah tadi kita membicarakan komodo, kini saatnya kita membahas primata terkecil di dunia, yaitu tarsier. Binatang yang bisa ditemukan di Sulawesi Utara ini matanya berukuran besar dengan diameter tubuh kurang lebih 16 mm. Panjang dari ujung kepala hingga ujung tubuh sekitar antara 10 hingga 15 cm. Tarsie juga memiliki kaki yang panjang yang sangat berguan untuk memanjat ohon dan berayun dari satu dahan ke dahan yang lain.

Seumber: http://life-intrick.blogspot.com

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More